twitter  
Profil  

Selasa, 07 September 2021 | 10:04 wib
Memilih Teh Tidak Hanya dari Selera Tapi Juga Kebutuhan
 

Apa alasan anda memilih teh untuk menemani pagi anda? Ada dorongan kafein seperti kopi, namun lebih ringan? Atau, untuk menciptakan perasaan relaks?  Teh, walau mengandung kafein, efeknya ringan karena mengandung L-Theanine, asam amino yang membantu tubuh memproses kafein secara berbeda. Kandungan ini menciptakan ketenangan, beda dengan efek kafein dari kopi yang mungkin terlalu terasa ‘greng’. 

Saking banyaknya pilihan teh, marilah kita lihat mana yang cocok untuk Anda : 

1.Teh hijau 
Kategori teh hijau seperti gyokuro dan dragon well mengandung kafein lebih banyak dibanding houjicha. Apapun, kandungan katekin dan polifenolnya bisa menurunkan sejumlah risiko kanker dengan cara membantu imunitas tubuh melawan selnya.  Disebutkan pula teh mendorong metabolisme dan cocok bagi yang suka workout. 

2.White tea
Bahannya diperoleh dari pucuk daun muda tanaman teh. Banyak yang menulis bahwa jenis ini kafeinnya paling rendah, walau nyatanya tidak. Kandungan antioksidannya tinggi, dan membantu perangi risiko penyakit kardiovaskuler. Soal cita rasa, rasanya 'lembut' / mild. Mungkin akan kurang cocok bagi yang senang dengan 'greng-nya' kopi di pagi hari. 

3.Teh oolong
 Rasanya lebih 'kencang' di atas white tea. Bagi yang ingin transisi dari kopi ke teh, jenis ini bisa dicoba. 

4.Teh hitam (black tea)
Kategori teh hitam seperti lapsang souchong punya karakter rasa yang 'bold' (tajam). Kalau Anda suka smoothies di pagi hari, cobain deh dicampur teh ini. Karena rasanya pekat, maka aroma dan rasa tehnya masih akan kentara. 

5. English Breakfast Tea
Jenis ini masuk dalam golongan teh hitam dan umumnya dari campuran keemun (cina) dan assam (India). Orang Inggris mencampurnya dengan gula dan susu. Karena teh hitam, maka aroma dan rasa tehnya kentara (cocok sebagai mixed drinks). Enak pula ditambah rempah dan susu, menjadi chai. 
 
6. Matcha
Matcha cocok banget bagi yang senang kopi saat pagi. Rasa tehnya kentara dan terasa unsur creamy. Sebagian juga menyebutnya umami. Matcha dibuat dari teh hijau yang digiling halus dan tunasnya tumbuh dengan sinar matahari yang lembut, karena diberi tampias pelindung (shade-grown tea). Matcha dibuat dari seluruh bagian daun teh sehingga kafeinnya tinggi.  Jadi, yang mengejar manfaat sehat dan caffeine boost, coba jenis ini. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.