twitter  
Profil  

Jumat, 03 September 2021 | 08:07 wib
Bergerak, Berkembang dan Berdaya Melalui Start Up
 

Indonesia Women Empowerment Fund (IWEF) dan Creatella Impact, melalui kemitraan dengan Investing in Women, UN Women, UNDP dan Citibank menggagas SheDisrupts Indonesia 2021. Gelaran ini dilatarbelakangi bisnis milik wanita Indonesia menghadapi banyak hambatan untuk tumbuh, yang paling menonjol adalah terbatasnya akses ke peluang investasi. Padahal faktanya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang dipimpin wanita merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan menurut Kementerian BUMN, satu dari dua usaha kecil dan satu dari tiga usaha menengah dipimpin oleh wanita. 

Kompetisi start up yang diluncurkan pada Juni 2021 ini telah memilih 50 start up berdampak sosial yang dipimpin perempuan untuk mengikuti rangkaian one-on-one mentoring dengan 57 investor, wirausaha, dan praktisi dari seluruh dunia. Lalu sebanyak 24 start up terpilih melanjutkan rangkaian kegiatan pre-akselerasi selama dua minggu secara online. Kurikulum dari kegiatan pre-akselerasi meliputi sesi kelas, lokakarya, kerja kelompok, dan pendampingan individu untuk berbagai topik terkait bisnis, teknologi, dan pengukuran dampak, dengan fokus untuk isu gender dan pemberdayaan perempuan.

Berikut beberapa nama start up terbaik SheDisrupts 2021 : 

1. Anjani : Mengkurasi produk ramah lingkungan yang diproduksi oleh bisnis skala kecil yang dipimpin perempuan atau komunitas di seluruh Indonesia. 

2. Bintang Kecil : Membantu orang tua dari 89 juta anak dari kelompok berpenghasilan menengah ke bawah untuk mengakses “edutainment” terbaik bagi anak-anak mereka, memenuhi kebutuhan pendidikan non-formal dan merangsang pertumbuhan karakter. 

3. Career.Support : Platform digital end-to-end untuk sekolah, siswa dan perusahaan untuk membantu lulusan dan magang baru di seluruh Indonesia untuk mendapatkan akses ke peluang kerja nasional. 

4. Dewisri Farm Tech : Membantu pemilik perkebunan hortikultura Indonesia untuk mengelola sumber daya lahan mereka secara berkelanjutan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan asupan bahan kimia yang lebih rendah. 

5. Greenie Indonesia : Furnitur berbasis Areca dari Greenie membantu milenial Indonesia yang ingin memiliki furnitur siap pakai yang minimalis, fungsional, dan dapat disesuaikan sekaligus mengurangi aktivitas penebangan, meningkatkan kesadaran lingkungan, dan mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab. 

6. Hear Me : Start-up sosial yang menyediakan penerjemah bahasa isyarat Indonesia pertama dalam tampilan animasi 3D, membina ekosistem yang inklusif dan persamaan hak bagi penyandang disabilitas. 

7. Liberty Society : Memproduksi, mendistribusikan dan menjual pakaian, aksesoris dan set hadiah yang ramah lingkungan dan berdampak dengan menciptakan koleksi dengan merek mapan menggunakan solusi nol limbah. 

8. Perfect Fit : Menciptakan produk menstruasi yang berkelanjutan dan menawarkan pendidikan tentang kesehatan, tubuh, dan hak perempuan. 

9. Remparempa : Membantu pelanggan yang ingin menjaga kesehatan dan kekebalan tubuhnya dengan menawarkan minuman jamu artisan Indonesia dalam format yang unik dan tidak repot.

10. The Self Hug : Jurnal dan panduan kesehatan fisik yang mendorong rutinitas harian sederhana untuk pertumbuhan dan produktivitas pribadi yang berkelanjutan. 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.