twitter  
Profil  

Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:50 wib
Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Tampil Dalam Daftar Film Terbaik Asia Busan International Film Festival 2021
 

Setiap lima tahun, Busan International Film Festival (BIFF) akan mengevaluasi kembali dan memperbarui 'Asian Cinema 100' dengan berfokus pada aspek-aspek spesifik dalam industri sinema Asia dan tren estetika sinema Asia. Dalam edisi BIFF ke-26, yang menampilkan daftar film terbaik Asia yang disutradarai perempuan, dan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak adalah satu di antara 10 film. 

Film yang disutradarai Mouly Surya itu berjejer dengan film Salaam Bombay! (1988, India) oleh Mira Nair, Blackboards (2000, Iran) oleh Samira Makhmalbaf, A Simple Life (2011, Hong Kong, China) oleh Ann Hui, The Murmuring (1995, Korea) oleh Byun Youngjoo, Suzaku (1994, Jepang) oleh Kawase Naomi, The Day I Became a Woman (2000, Iran) oleh Marzieh Meshkini, Take Care of My Cat (2001, Korea) oleh Jeong Jae-eun, Capernaum (2018, Lebanon) oleh Nadine Labaki, dan Wadjda (2012, Arab Saudi) oleh Haifaa Al-Mansour. 

Dalam catatannya, sutradara Mouly Surya mengatakan tentang film Marlina sebagai film yang sering dirujuk oleh orang-orang jika membicarakan tentang kekerasan seksual, dan menjadi wajah dari gerakan perempuan. 

“10 film Asia terbaik yang terpilih dalam program khusus, 'Wonder Women Movies', akan diputar pada edisi BIFF tahun ini. Sebuah buku fitur khusus, yang akan mencakup komentar dari para sutradara dan surat rekomendasi dari para profesional industri, akan diterbitkan. Juga akan ada berbagai program, salah satunya adalah Special Talk antara sineas Korea, sineas perempuan internasional dan penonton di BIFF tahun ini,” isi pernyataan festival, dikutip dari situs resminya pada Rabu (25/8). 

Mundur pada 2015, mendiang Kim Jiseok, mantan direktur program BIFF, merencanakan Asian Cinema 100 untuk edisi BIFF ke-20. Untuk program tersebut, ia meminta para profesional film di seluruh dunia untuk merekomendasikan 10 film Asia terbaik untuk dimasukkan dalam daftar 100 teratas (dengan daftar yang akan diperbarui setiap lima tahun). 

BIFF kali ini akan berlangsung pada 6-15 Oktober. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.